Jumat, 17 Agustus 2012


DISINI, KITA PELAJARI GENETIKA DASAR.

Genetika adalah salah satu cabang pelajaran yang dipelajari pada bidang biologi, yang mempelajari tentang pewarisan sifat organism atau yang mempelajari tentang gen. Mudahnya, Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang penurunan sifat dari induk/orangtua kepada keturunannya dan cara penurunannya.
S
ecara singkat, genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang gen dan segala yang berhubungan. Genetika berasal dari bahasa Belanda; genetic, lalu mirip dengan bahasa Inggris; genetics, dari bahasa Yunani; γέννω (genno)’ yang berarti “melahirkan”. Istilah genetika diperkenalkan oleh William Bateson pada surat pribadinya untuk Adam Chadwick yang digunakan pada konferensi Genetika ke 3 internasional pada tahun 1906.

Gregor Mendel
Gregor Johann Mendel (gambar diatas), atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gregor Mendel merupakan orang pertama yang mempelajari tentang genetika. Gregor Mendel berasal dari Brunn, Austria. Ia merupakan peencetus hukum genetika yang kita kenal dengan nama "hukum mendel", yang masih berlaku hingga saat ini. Atas dasar tersebut, Gregor Mendel dikenal dengan sebutan bapak genetika. 
Genetika pada awalnya, mempelajari tentang molecular. Lebih rincinya, genetika menjelaskan imformasi tentang pembawa gen yang diwariskan.
Cabang-cabang pada genetika terbagi menjadi cabang murni, dan terapan.                  
Cabang-cabang murni genetika :- genetika molecular
- genetika sel (sitogenetika)
- genetika populasi
- genetika kuantitatif
- genetika perkembangan

Contoh cabang-cabang terapan genetika :
- genetika kedokteran
- ilmu permuliaan
- rekayasa gen atau rekayasa genetika

Bioteknologi adalah bidang yang secara tidak langsung menjadi bagian dari ilmu terapan genetika yang sangat terkait dengan perkembangan genetika. 
Genetika arah-balik (reverse genetics)  
Gejala fenotipe memulai genetika klasik yang tampak oleh pengamatan manusia, lalu mencari penjelasan genotipiknya lebih kepada penjelasan tentang gen. Kecepatan pengembangan akan ilmu ini memunculkan filosofi baru dlaam metodologi genetika, dengan membalik arahnya. Orang memasukkan suatu gen dalam kromosom lalu meliohat apa yang terjadi sebagai suatu pengidentifikasian. Tekhnik-tekhnik tersebut terbagi menjadi gerakan arah-balik (reverse genetics) dan gerakan arah-maju (forward genetics).                

DNA sebagai basis ilmu pewarisan
                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar